Tips Aman Naik Pesawat, Jangan Tidur Saat Lepas Landas


Siapa yang gemar memilih pesawat dalam melakukan perjalanan? Atau justru kamu phobia naik pesawat karena takut ketinggian. Well, momen lepas landas ataupun saat pendaratan menjadi pemicu ketakutan saat naik pesawat. Maka memilih untuk tidur seringkali menjadi cara untuk mengatasi ketakutan ini.

Namun tahukah kamu, jika tidur saat pesawat lepas landas maupun saat mendarat justru berbahaya bagi keselamatan kamu? Meskipun kamu merasa mengantuk saat momen lepas landas ini sebaiknya hindari untuk tidur. Hal ini seperti yang dikutip dari liputan6.com yang mengutip Reader’s Digest (26/3), menyebutkan jika tidur pada saat lepas landas atau pendaratan bisa berbahaya bagi telinga.

“Perubahan ketinggian posisi pesawat secara cepat, sebagaimana yang terjadi pada saat take off dan landing berpengaruh pada tekanan udara di telinga. Hal ini mengakibatkan kondisi vakum pada bulu eustachius yang membuat telinga terasa seperti tersumbat,” jelas ahli medis Angel Chalmers.

Saat kamu berada dalam kondisi terjaga, maka tubuh secara sadar akan melakukan respons untuk menyeimbangkan tekanan pada gendang telinga. Berbeda jika kamu tertidur saat posisi take off maupun landing, maka tubuh tidak bisa secara aktif melakukan mekanisme tersebut dan hal itu berbahaya bagi telinga karena bisa mengakibatkan infeksi telinga, kerusakan gendang telinga, kehilangan pendengaran, dan hidung berdarah.

Nah, mulai sekarang saat pesawat sedang take off maupun landing usahakan untuk tetap terjaga ya. Cobalah untuk relaks dan tenang untuk menikmati perjalananmu. Jadi, menjelang long weekend kali ini kamu berencana ke mana?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Aman Naik Pesawat, Jangan Tidur Saat Lepas Landas"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Baik :)