Dari Bau Badan, 5 Penyakit Serius Ini Bisa Dideteksi Lho!


Siapa yang suka jika mengalami bau badan? Pasti nggak ada yang suka. Tapi tahukah kamu bahwa sebenarnya bau badan bisa jadi petunjuk tentang kondisi kesehatan tubuhmu saat ini? Beberapa penyakit ternyata bisa dideteksi dari bau yang dikeluarkan badan.

Ada 5 jenis penyakit yang bisa dideteksi dari bau, yaitu

1. Bau Mulut = Ketoasidosis Diabetik

Bau mulut bisa jadi tanda tubuh mengalami ketoasidosis diabetik. Aroma yang dikeluarkan mulut adalah asam dan tidak sedap. Ketoasidosis diabetik adalah kondisi tubuh mengalami komplikasi diabetes.

Ketika tubuh tidak menghasilkan cukup insulin (hormon alami yang dihasilkan oleh pankreas) untuk membantu memproses gula atau glukosa dalam tubuh, tubuh akan mulai membakar lemak sebagai energi. Akibatnya, asam yang disebut keton terbentuk dalam tubuh. Keton bisa berbahaya untuk tubuh karena bersifat racun.

2. Bau Air Kencing Manis = Deteksi MSUD

Tidak banyak orang yang tahu bahwa ada penyakit bernama Maple syrup urine disease (MSUD). Ini adalah gangguan metabolik yang disebabkan oleh kekurangan senyawa asam dehidrogenase alpha-keto rantai cabang (BCKDC), yang menimbulkan penumpukan asam amino di dalam darah.

Jika penyakit ini menyerang bayi, dapat mengakibatkan kerusakan pada otak dan berujung pada kematian. Penyakit ini dapat dideteksi dengan cara mencium adanya aroma air seni atau urin dan keringat yang berbau manis seperti sirup.

3. Bau Bawang Putih= Keracunan Arsenik

Bukan karena kamu makan bawang kemudian tubuh menimbulkan bau bawang. Ini adalah kondisi keracunan serius. Arsenik adalah senyawa kimia yang dijadikan sebagai bahan pestisida, herbisida, insektisida, dan pembunuh lainnya. Arsenik terkenal sebagai bahan kimia keras.

Gejala yang bisa diketahui adalah timbulnya bau bawang putih baik di mulut, dan tubuh secara umum. Uniknya, ilmuwan juga menemukan bahwa bawang putih ternyata dapat menjadi obat mengurangi efek keracunan arsenik.

4. Bau Tubuh yang Aneh = Narkolepsi

Narkolepsi adalah gangguan sistem saraf yang menyebabkan rasa kantuk pada siang hari dan bisa tiba-tiba tertidur tanpa mengenal waktu dan tempat. Orang yang mengalami narkolepsi mengalami gangguan jam tidur biologis karena waktu tidurnya tidak terkendali secara semestinya.

Penyakit ini disebabkan oleh hilangnya zat kimia otak yang disebut hypocretin. Hypocretin berasal dari hipotalamus dan bekerja di otak sebagai sistem siaga yang membuat kita tetap terjaga dan mengatur tidur. Bau tubuh yang ditimbulkan bisa berbeda-beda tiap orang, meskipun tak bisa dijelaskan seperti apa tepatnya.

5. Bau Sigung = Skizofrenia

Skizofrenia adalah gangguan mental kronis yang menyebabkan penderitanya mengalami delusi, halusinasi, pikiran kacau, dan perubahan perilaku. Penderita sulit membedakan antara kenyataan dengan pikirannya sendiri dan biasanya mereka seperti punya kepribadian ganda atau lebih.

Ilmuwan bernama Smith dan Sines meneliti bahwa kebanyakan penderita skizofrenia akan mengeluarkan aroma yang tak sedap pada tubuhnya. Bau itu seperti aroma binatang sigung, mamalia yang memiliki bulu berwarna hitam dan putih dan punya kentut yang sangat bau.

Jadi, jika kira-kira kamu atau orang-orang sekitar mengalami bau di atas, perlu diwaspadai dan segera periksakan ke dokter ya

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dari Bau Badan, 5 Penyakit Serius Ini Bisa Dideteksi Lho!"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Baik :)