Manfaat Latihan Beban Untuk Wanita: Ssst, Nggak Bikin Badan Kekar Kok!


Selama ini banyak orang menganggap latihan beban akan membuat otot jadi kekar. Karena itulah banyak wanita yang langsung menolak untuk angkat beban. Padahal latihan ini punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh lho. Teuku Aufra Maretto, seorang Fitness Educator dari Asosiasi Pelatih Kebugaran Indonesia (APKI), membeberkan keuntungan yang bakal didapat oleh perempuan yang rutin latihan beban.

Yang pertama ini akan meningkatkan metabolisme tubuh. Setelah rutin latihan beban, postur dan komposisi tubuh terlihat lebih baik. Tulang pun tanpa disadari menjadi semakin padat sehingga mengurangi risiko osteoporosis. Lebih lanjut dijelaskan bahwa latihan ini dapat meningkatkan kekuatan sehingga mempermudah dalam melakukan aktivitas sehari-hari, dan mengurangi kemungkinan cedera seperti sakit pinggang. Latihan ini ternyata juga bermanfaat meningkatkan rasa percaya diri.

Tubuh tak akan langsung tumbuh membesar saat angkat beban. Otot baru akan terbentuk setelah perempuan tersebut latihan beban bertahun-tahun. Selain itu dibutuhkan dedikasi dan konsisten tinggi agar bisa menambah massa otot secara signifikan.

Otot memang akan sedikit mengembang setelah latihan beban, ini karena otot terisi oleh darah yang dipompa oleh tubuh ke bagian yang dilatih untuk tujuan recovery. Tapi ini hanya bersifat sementara. Setelah beberapa waktu akan mengecil lagi. Selain itu tubuh wanita memang tidak dianugerahi hormon testosteron yang melebihi laki-laki. Sehingga otot tak akan tumbuh seperti laki-laki. Sangat kecil kemungkinan tubuh perempuan tampak bulky atau besar berotot.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Latihan Beban Untuk Wanita: Ssst, Nggak Bikin Badan Kekar Kok!"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Baik :)