Manfaat Gula Aren



Ada dua jenis gula yang banyak digunakan dan dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia, yaitu gula putih dan gula merah atau bisa juga disebut dengan gula aren. Berbeda dengan gula putih yang berbentuk butiran dan berasal dari sari batang tebu. Gula aren mempunyai tekstur yang padat dan kasar, gula jenis ini terbuat dari sari buah aren yang diolah dengan cara tradisional. Karena mempunyai rasa yang manis dan legit, gula aren banyak digunakan untuk memasak berbagai makanan tradisional.

Selain itu, gula aren juga digunakan sebagai pemanis makanan – minuman sehat. Hal ini disebabkan karena gula aren merupakan pemanis yang rendah kalori sehingga tidak akan menyebabkan obesitas. Tak hanya itu saja, gula khas Indonesia ini juga mempunyai banyak manfaat yang menguntungkan tubuh.

Berikut ini beberapa manfaat gula aren untuk kesehatan tubuh, sebagai berikut :

10 manfaat gula aren bagi kesehatan

Sumber Antioksidan

Di dalam gula aren terdapat kandungan antioksidan dalam jumlah yang banyak. Kandungan antioksidan tersebut mempunyai kemampuan untuk menangkal radikal bebas, sehingga dapat melindungi tubuh dari ancaman penyakit yang berbahaya seperti kanker kulit.

Mengobati dan Mencegah Penyakit Anemia

Gula aren mempunyai kandungan zat besi yang cukup tinggi. Kandungan zat besi tersebut mempunyai kemampuan untuk meningkatkan produksi sel-sel darah merah sehingga dapat mengobati dan mencegah penyakit anemia atau kurang darah.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Di dalam gula aren terdapat beberapa unsur kimia yang mempunyai kemampuan untuk melancarkan sistem peredaran darah, sehingga fungsi dan kinerja semua organ-organ tubuh menjadi lebih optimal. Kemudian, kandungan unsur kimia di dalamnya juga berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Menstabilkan Kadar Kolesterol Di Dalam Darah

Gula aren memiliki kandungan niacin yang berperan untuk menstabilkan kadar kolesterol di dalam darah. Kandungan niacin tersebut juga berfungsi untuk menghaluskan dan menjaga kesehatan kulit.

Meningkatkan Sistem Pencernaan

Kandungan zat niacin yang terdapat di dalam gula aren juga mempunyai kemampuan untuk meningkat sistem pencernaan, sehingga tubuh terhindar dari masalah gangguan pencernaan dan dapat menyehatkan organ-organ pencernaan.

Melancarkan Sirkulasi Darah

Salah satu masalah yang dapat menyebabkan penyakit yang serius, yaitu sirkulasi udara yang tidak lancar. Sirkulasi udara yang tidak lancar dapat menyebabkan hipertensi atau tekanan darah tinggi, menyumbat saluran peredaran darah, menurunkan kinerja jantung dan dapat meningkatkan resiko terkena penyakit kardiovaskular.

Menghangatkan Tubuh

Kandungan nutrisi dan unsur kimia yang ditemukan di dalam gula aren mempunyai kemampuan untuk menghangatkan tubuh sehingga suhu tubuh tetap stabil dan dapat terhindar dari penyakit flu.

Baik untuk Diet

Pada umumnya, orang yang sedang menjalani program diet cenderung menghindari untuk mengkonsumsi makanan yang manis-manis. Namun, hal ini berbeda dengan gula aren karena gula aren dapat baik untuk diet. Sebab, gula aren merupakan pemanis yang rendah kalori.

Mengobati Sariawan

Kembali lagi pada kandungan niacin yang terdapat di dalam gula aren. Kandungan niacin tersebut mempunyai kemampuan untuk mengobati sariawan, caranya cukup menempelkan gula aren pada bagian mulut yang mengalami sariawan.

Dapat Dijadikan Sebagai Campuran Ramuan Obat

Gula aren biasanya banyak digunakan sebagai campuran ramuan obat karena selain berfungsi sebagai pemanis, gula aren juga mempunyai kemampuan untuk memaksimalkan manfaat dari ramuan obat tersebut.

Siapa sangka bahwa di dalam gula yang biasanya disepelehkan oleh banyak orang ini, ternyata mempunyai banyak manfaat yang menguntungkan bagi kesehatan tubuh. Terlebih lagi, di pasaran jenis gula ini dibanderol dengan harga yang murah per gramnya sehingga tak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk mendapatkan semua manfaat tersebut.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Gula Aren "

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Baik :)