9 Manfaat Ajaib Buah Naga Untuk Ibu Hamil

Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil - Berbagai jenis buah-buahan memang diperlukan bagi ibu hamil untuk tetap menjaga kesehatan pribadi dan janinnya. Tetapi kali ini admin akan menjelaskan khasiat dari buah naga, karena dapat menyalurkan berbagai nutrisi untuk bumil seperti vitamin, mineral, kalsium, kalium, zat besi, magnesium fosfor, folat, karoten, likopen, protein, niacin, dsb. Di dalamnya juga mengandung antioksidan cukup tinggi yang dapat membantu anda melawan radikal bebas dan dapat menjaga daya tahan tubuh anda. Buah naga memiliki 4 jenis, umumnya orang indonesia mengkonsumsi yang bewarna merah dan putih.

Buah naga merupakan buah dari spesies kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Berasal dari sebuah negara meksiko, amerika tengah, dan amerika selatan. Tetapi sekarang sudah berkembang dan populer di negara-negara asia seperti indonesia, vietnam, filipina, taiwan, dan malaysia. Buah ini bisa dikatakan unik, karena memiliki kulit luar bewarna merah yang sama dengan kulit naga. Rata-rata orang cina menganggap buah ini sebagai keberuntungan dan biasa dipakai untuk acara keagamaan.

9 Manfaat Ajaib Buah Naga Untuk Ibu Hamil
Manfaat Buah Naga

Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil 

 

1. Dapat Meingkatkan Imunitas

Perlu anda ketahui bahwa buah naga mempunyai kandungan mineral dan vitamin : vitamin C, B1, B2, & B3, kalsium, fosfor, zat besi, protein, niacin, dan serat. Dengan perpaduan dari bebrapa gizi tersebut dapat mencegah terjadinya infeksi ataupun penyakit untuk bumil dan sang bayi. 

2. Pembentukan Sistem Syaraf

Kandungan folat dan vitamin B konten di dalam buah naga dapat membantu pembentukan dan pengembangan sistem syaraf, khususnya pada tulang belakang janin. Hal ini sangat dibutuhkan, karena apabila sistem syaraf pada janin tidak dapat berkembang, maka akan memicu timbulnya cacat pada syaraf tulang belakang.

3. Mencegah kanker untuk sang ibu dan bayi

Buah naga kaya dengan zat antioksidan seperti phytoalbumins (Terdapat pada bijinya) yang mampu mencegah atau melindungi anda dari penyakit kanker. Vitamin C dan likopen didalam buah ini bisa mendukung untuk mencegah pertumbuhan sel tumor dan dapat membantu kesehatan hidup bagi penderitanya. Selain itu mampu membersihkan seluruh tubuh dari zat beracun, yang menjadi pemicu utama dalam pembentukan sel tumor pada tubuh. 

4. Membrantas Bakteri dan Jamur

Buah naga mempunyai kualitas menjaga sistem kekebalan tubuh dari bakteri dan jamur. Maka dari itu dapat membantu anda meningkatkan banyaknya sel darah putih yang dihasilkan ke dalam tubuh serta bersifat anti racun. Selain itu bisa mencegah pertumbuhan infeksi bakteri dan jamur pada organ tubuh.

5. Meningkatkan Energi 

Pastinya untuk seorang ibu yang sedang hamil memerlukan sebuah energi yang cukup. Bagi bumil yang membutuhkan energi agar dapat memperlancar proses bunting, maka bisa mengkonsumsi buah naga. Karena jika ibu hamil memakan 100gram buah ini dalam sehari, dapat menyalurkan karbohidrat sekitar 10 gram ke dalam tubuh. Saat dalam masa kehamilan, setiap wanita direkomendasikan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat sebanyak 135gram per harinya. 

6. Mendukung perkembangan janin yang sehat

Buah naga dapat membantu proses pertumbuhan dan perkembangan janin dikarenakan terdapat sebuah kandungan bernama folat. Janin yang berada di dalam kandungan otomatis akan memerlukan proses pertumbuhan. Jika janin tidak mengalami perkembangan bagaiamana ? Pastinya anda sudah mengetahui, jika tidak tumbuh kemungkinan besar akan mengalami cacat ataupun keguguran.

7. Mendukung pembentukan sel darah merah

Buah naga mengandung zat besi. Ketika zat besi sudah masuk ke dalam tubuh akan langsung di proses tubuh menjadi sel darah merah, sehingga dapat menghindarkan anda dari anemia atau kekurangan darah. Umumnya setiap wanita yang sedang hamil akan mengalami masalah kesehatan anemia. Apabila sang ibu memiliki jumlah sel darah merah yang tinggi, otomatis akan menyalurkan okseigen dan nutrisi untuk bayi pada kandungan. 

8. Membantu Pembentukan Tulang

Kandungan kalsium yang tinggi di dalamnya dapat membantu anda dalam proses pembentukan tulang untuk janin.

9. Membantu Mengatasi Masalah BAB

Wanita hamil biasanya sering mengalami masalah buang air besar. Oleh karena itu konsumsilah buah naga, karena kandungan serat alami didalamnya mampu melancarkan sistem pencernaan. Setidaknya konsumsilah 100gram buah naga per harinya.


Bagi anda yang sedang menjalani proses kehamilan direkomendasikan untuk mengkonsumsi buah-buahan dari 5-10 porsi setiap harinya. Buah naga sendiri disarankan untuk mengkonsumsinya ketika sudah dijadikan menjadi jus. 

Demikian artikel tentang manfaat buah naga untuk ibu hamil yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat dan proses kehamilan anda lancar hingga kelahiran.

Subscribe to receive free email updates: