22 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan dan Kecantikan

21 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan dan Kecantikan ~ Minyak zaitun atau olive oil merupakan minyak yang dihasilkan oleh buah olea europaea dari pohon zaitun, tanaman tradisional ini tumbuh di daerah mediterania. Secara umum jenis minyak yang satu ini biasa digunakan sebagai bahan kosmetik kecantikan, obat-obatan kesehatan, dan sabun. Walaupun tumbuhan ini berasal dari mediterania, tetapi sangat populer dikonsumsi oleh seluruh dunia karena khasiat kandungannya yang sudah terbukti. Langsung saja simak artikel tentang manfaat minyak zaitun dibawah ini.

22 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan dan Kecantikan
Manfaat Minyak Zaitun

A. Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan

1. Memelihara Kesehatan Jantung

Menurut para peneliti dari universitas otonomi madrid  di spanyol, menggoreng makanan menggunakan minyak zaitun dapat mengurangi risiko terserang penyakit jantung. 

Anda juga bisa mengkonsumsinya 2sdm perhari secara rutin agar dapat menjaga kesehatan jantung.

2. Mencegah Stroke

Menurut Dr. Cecilla Samieri, dari university of bordeaux dan Institut Kesehatan Nasional di Bordeaux, Perancis, minyak zaitun dapat mencegah terserang penyakit stroke. 

Menurutnya cara yang murah dan mudah di lakukan untuk mengantisipasi terserang penyakit stroke dengan mengkonsumsi minyak zaitun dan eseorang yang menggunakan minyak zaitun sebagai bahan memasak, mempunyai risiko terkena penyakit stroke 41% lebih rendah, jika dibandingkan dengan seseorang yang sama sekali tidak pernah mengkonsumsinya.

3. Mencegah Kanker

Ternyata minyak zaitun dapat mengurangi dampak terjadinya kanker pada tubuh kita. Karena di dalamnya memiliki kandungan Polyphenol yang berperan sebagai antioksidan.

Tim ilmuwan dari Universitas Autonoma de Barcelona di spanyol, menyimpulkam bahwa minyak zaitun dapat melindungi tubuh dari serangan kanker, seperti kanker pada payudara.

4. Meningkatkan Kadar Kolestrol Sehat atau HDL

Minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh yang mempunyai kelebihan untuk menurunkan kadar kolestrol buruk atau jahat dan meningkatkan kadar kolestrol yang baik atau sehat. 

5. Mencegah Penyakit Alzheimer

Penyakit yang satu ini merupakan penyebab yang paling umum dari kehilangan memori dan merubah suasana hati, ketika mengalami penyakit ini dapat menyebabkan kematian sel-sel pada otak. 

Menurut para peneliti mengatakan bahwa tingkat penyakit alzheimer di daerah mediterania lebih rendah, karena rata-rata masayaratkanya pengkonsumsi minyak zaitun.

6. Mencegah Terjadinya Osteoporosis

Kalsium yang terdapat pada minyak zaitun dapat menghindari terjadinya pengeroposan pada tulang atau biasa dikenal dengan osteoporosis.

7. Melindungi Hati Dari Stres Oksidatif

Stres oksidatif dapat memacu terjadinya kerusakan pada sel-sel yang terdapat di dalam tubuh. 

8. Mampu Menurunkan Berat Badan

Jika anda ingin menjalankan program penurunan berat badan atau diet yang sehat, maka minyak zaitun dapat dijadikan sebagai pilihan untuk memperlancar program tersebut.

Anda cukup meminum 2sdm minyak zaitun setiap hari secara rutin. Sebaiknya mengkonsumsi minyak zaitun dilakukan 2 jam sebelum makan.

Kesehatan lainya seperti :

  • Mengontrol tekanan darah,
  • Mengatasi radang pada sendi,
  • Dapat mendetoksifikasi radikal bebas atau racun yang muncul pada tubuh kita,
  • Membantu meningkatkan kualitas ASI,
  • Mengobati penyakit wasir,
  • Membasmi kutu yang terdapat pada rambut,
  • Mengurangi terjadinya penyumbatan pada pembulu darah. 

B. Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kecantikan

1. Mengatasi Rambut Rontok

Minyak zaitun dapat membantu mengatasi rambut rontok secara alami.

Caranya menggunakanya : Cukup mengoleskan dari rambut hingga kulit kepala secara menyeluruh. Diamkan beberapa menit sambil memijat-mijat kulit kepala agar minyak tersebut dapat meresap. Terakhir bilas dengan air atau bisa keramas menggunakan shampoo.

2. Memanjangkan Rambut

Sebenarnya banyak sekali cara alami dan nudah cara memanjangkan rambut secara alami tanpa harus mengeluarkan biaya mahal. Jika anda bingung memilih bahan alami apa yang bisa digunakan untuk dipraktekan, mungkin bisa mencoba memakai minyak zaitun.

Cara menggunakanya : Siapkan minyak zaitun + tumbukan biji lemon, lalu campurkan keduanya ke wadah kecil. Gosokan secara perlahan pada kulit kepala secara menyeluruh. Diamkan selama 20 menit dan bilas dengan air seta keramas dengan sampoo.

3. Mengatasi Wajah Berminyak

Pastinya sebagian orang sudah mengetahui jika wajah menghasilkan sebuah minyak yang berlebihan dapat menimbulkan berbagai masalah seperti jerawat. Maka dari itu rawatlah wajah agar dapat menghilangkan problem wajah tersebut dan anda bisa menggunakan masker minyak zaitun untuk mengatasinya.

Cara penggunaan : Siapkan minyak zaitun + bubuk cendana, campurkan kedua bahan tersebut ke dalam wadah. Kemudian basuh atau oleskan pada wajah secara merata dan diamkan sekitar 15 menit. Terakhir basuhlan menggunakan air dingin.

4. Mengangkat Kotoran Pada Wajah 

Munculnya kotoran yang terdapat di wajah dapat membuat penampilan seseorang menjadi tidak enak dilihat. Kotoran bisa muncul karena menjalankan aktifitas di ruang terbuka.

Cara penggunaan : Sebelumnya basuh wajah anda dengan air hangat (agar pori-pori yang terdapat pada wajah bisa terbuka), kemudian oles minyak zaitun ke seluruh kulit wajah dan diamkan selama 7 menit. Terakhir basuh wajah dengan air hangat dan dilanjutkan menggunakan air dingin (supaya pori-pori dapat mengecil kembali).

5. Melembabkan Kulit

Rata-rata masyarakat indonesia memiliki masalah kulit kering. Untuk mengatasinya secara alami, anda membutuhkan bahan yang memiliki kandungan vitamin E, seperti minyak zaitun.

Caranya dapat dipadukan dengan madu : Sebelumnya, bersihkan wajah terlebih dahulu. Campurkan 2sdm minyak zaitun + 2sdm madu herbal murni ke dalam wadah, setelah itu oleskan pada kulit wajah secara merata dan tunggu sekitar 15 menit. Terakhir basuh menggunakan air hangat.

6. Mencegah proses penuaan dini

Minyak zaitun memiliki kandungan antioksidan, vitamin E, dan zat linoleid acid yang mampu mengontrol kadar air pada kulit wajah, sehingga tidak memunculkan kulit yang keriput sejak dini.

7. Menghilangkan Jerawat

Tumbuhnya jerawat pada kulit khsusnya wajah dapat menganggu aktifitas sehari-hari seseorang atau dapat menimbulkan rasa minder terhadap rekan-rekanya.

Untuk menghilangkanya anda cukup mengoleskan pada bagian yang terdapat jerawat. Lakukan secara rutin agar mendapatkan khasiatnya secara maksimal.


Demikian artikel manfaat minyak zaitun untuk kesehatan dan kecantikan yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah membacanya hingga akhir kalimat.






Subscribe to receive free email updates: