33 Manfaat Madu Untuk Kesehatan, Kecantikan, dan Kehamilan

Manfaat Madu Untuk Kesehatan, Kecantikan, dan Kehamilan ~ Madu merupakan herbal alami yang dihasilkan oleh lebah dan rasanya manis. Madu sudah dipercaya dan dimanfaatkan sejak jaman dahulu untuk pengobatan tradisional. Cairan ini memiliki berbagai khasiat untuk kesehatan dan kecantikan, seperti membantu menyembuhkan penyakit, meningkatkan daya tahan tubuh, dll. Sekilas manfaat yang dihasilkan oleh madu hampir mirip dengan manfaat minyak zaitun

Madu terbilang murah dan mudah ditemukan dalam hal menjaga kesehatan tubuh. Banyak sekali variasi cara yang dapat digunakan untuk mengkonsumsi madu seperti mencampurkan dengan makanan dan minuman. Menurut para peneliti mencampurkan madu dengan air hangat mampu menghasilkan banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Langsung saja, berikut manfaat madu yang akan dijelaskan di bawah ini.

33 Manfaat Madu Untuk Kesehatan, Kecantikan, dan Kehamilan
Manfaat Madu

A. Manfaat Madu Untuk Kesehatan

1. Mencegah Kanker dan Penyakit Jantung

Kanker dan serangan jantung merupakan penyakit yang ditakuti karena dikategorikan berbahaya. Jika anda termasuk orang yang ingin menghindari kedua penyakit ini, maka madu bisa dijadikan sebuah pilihan unuk mencegah kanker secara alami. Kandungan flavanoid dan antioksidan inilah yang membantu mengurangi dampak terserang penyakit tersebut.

2. Meningkatkan proses metabolisme tubuh

Madu dicampur dengan air panas terbilang efektif untuk menjaga proses metabolisme agar tetap stabil. Karena di dalamnya terdapat berbagai nutrisi seperti vitamin, mineral, dan gizi yang lain.

3. Membantu proses detoksifikasi

Madu dan air hangat jika dipadukan mampu mengeluarkan racun yang terdapat di dalam tubuh anda. Dapat dikonsumsi dengan mencampurkan madu + air hangat + perasan dari buah lemon , perpaduan ini terbilang efektif. Karena lemon mengandung asam sitrat yang dapat mensupport proses detok di dalam tubuh.

4. Meningkatkan stamina tubuh 

Kebanyakan produk minuman penambah energi memasukan madu sebagai bahan pembuatanya, karena manfaatnya yang dapat meningkatkan energi pada tubuh. Jika anda termasuk orang yang biasa melakukan aktifitas seharian atau ingin menjaga kondisi agar tetap fit, maka madu bisa dijadikan sebagai pilihan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal sebaiknya dikonsumsi secara langsung.

5. Meningkatkan daya tahan tubuh

Ternyata madu juga memiliki manfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari radikal bebas dan berbagai macam bakteri yang dapat memperburuk kondisi tubuh. Karena di dalam madu memiliki zat antioksidan yang bernama pinocembrin yang hanya ditemukan pada madu.

6. Mengatasi Batuk

Madu dicampur dengan air hangat bisa dikatakan sebagai bahan alami yang efektif untuk mengeluarkan lendir yang terdapat pada tenggorokan.

7. Menghilangkan Luka

University of Auckland di Selandia Baru, melakukan sebuah penelitian untuk melakukan penyembuhan sebuah luka. Ternyata penelitian ini berhasil, karena proses penyembuhan luka tersebut memakan waktu yang lebih cepat.

Bahkan menurut menurut studi yang dipublikasikan oleh Internasional Journal of Lower Extremity Wounds, kualitas yang terdapat di dalam madu hampir tidak tertandingi oleh perawatan lain.

Cara menggunakanya, anda cukup mengoleskan ke bagian tubuh yang mengalami luka.


8. Mencegah Diabetes

Salah satu pemicu yang menyebabkan diabetes adalah banyak mengkonsumsi gula. Nah sekarang bagaimana mencampurkan bahan pemanis tanpa menggunakan gula ? Tenang saja, madu bisa menggantikan peran dari gula sebagai alternatif untuk menghasilkan rasa pemanis.

Glukosa dan fruktosa yang terdapat di dalamnya dapat mengontrol kadar gula darah. Perlu diketahui, sebaiknya pilihlah jenis madu yang mempunyai indeks hipoglikemik rendah, sehingga tidak mendorong peningkatan gula darah.

9. Mencegah Risiko Mengidap Penyakit Alzheimer

Penyakit ini dapat membuat otak anda tampak mengecil atau mengerut. Gejalanya dapat melemahkan daya ingat, serta menghilangkan beberapa % memori yang terdapat di dalam otak. Untuk menghindari penyakit ini sebaiknya konsumsilah madu demi kesehatan tubuh anda.

10. Mengatasi Bibir Kering

Bibir kering bisa muncul kapan saja atau karena kebiasaan buruk yang biasa anda lakukan. Cara menggunakanya mudah sekali, cukup mengoleskan madu ke bagian bibir yang pecah-pecah. Lakukan secara rutin agar hasilnya terlihat maksimal.


B. Manfaat Madu Untuk Kecantikan

 1. Kulit dan Wajah

  • Melembabkan kulit. Cukup menggunakan madu secara rutin, maka kulit anda akan terasa lembut.
  • Mencegah penuaan lebih dini pada kulit. Madu ternyata mampu mencegah penuaan pada usia dini yang dapat membuat kulit anda tampak kendur atau keriput.
  • Menghidarkan dari iritasi kulit
  • Mencegah timbul jerawat
  • Menghilangkan flek hitam yang terdapat pada wajah
  • Membuat kulit wajah tampak cerah dan bersinar
  • Mengecilkan pori-pori
  • Dapat membersihkan wajah dari kotoran atau radikal bebas
  • Membuat kulit wajah lebih lembut dan halus

2. Rambut

  • Mengatasi masalah borok
  • Mengatasi rambut bercabang
  • Membuat rambut lebih lurus dan halus
  • Membuat rambut lebih kuat

 

C. Manfaat Madu Untuk Kehamilan 

Ada baiknya jika sedang mengalami kehamilan banyak mengkonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil sampai melahirkan.
  • Dapat mengurangi rasa mual pada masa kehamilan,
  • Membantu meningkatkan nafsu makan untuk ibu hamil,
  • Madu mampu memberi tambahan tenaga dan daya tahan pada masa kehamilan sampai melahirkan,
  • Membantu perkembangan janin agar normal dan sehat,
  • Mempermudah proses BAB untuk ibu hamil,
  • Madu memiliki zat galian yang dapat memperkuat janin,
  • Mempunyai sumber antioksidan yang dapat mencegah berbagai penyakit,
  • Membantu proses pertumbuhan fisik dan mental janin,
  • Membersihkan berbagai kotoran yang terdapat di dalam perut bayi,
  • Menghindarkan penyakit Hepatitis B yang biasa menyerang bayi.

 


Demikian artikel manfaat madu untuk kesehatan, kecantikan, dan kehamilan yang dapat kami berikan. Insyaallah khasiat dari madu dapat menjaga kesehatan pada tubuh anda.


 

Subscribe to receive free email updates: