10 Cara Cepat Menghilangkan Ketombe Secara Alami

Saat ini admin akan menjelaskan tentang cara menghilangkan ketombe secara alami. Ketombe adalah terkelupasnya sel-sel kulit mati secara berlebihan yang terdapat pada kulit kepala. Tentunya memiliki masalah ini menggangu penampilan rambut dan dapat membuat aktivitas yang kita lakukan menjadi risih tidak nyaman karena biasanya menimbulkan gatal-gatal. Yang lebih parahnya lagi ketombe ini mampu memicu kerontokan dan kekeringan pada rambut.

Sebenarnya banyak sekali yang menyebabkan ketombe muncul dan bisa saja muncul pada berbagai jenis orang seperti pria, wanita, dewasa, anak-anak, maupun orang yang sudah tua. Namun anda tidak perlu khawatir, karena kami akan memberikan beberapa tips cara menghilangkan ketombe secara alami yang bisa dibilang cukup ampuh.

10 Cara Cepat Menghilangkan Ketombe Secara Alami
Cara Menghilangkan Ketombe


A. Penyebab Munculnya Ketombe Pada Kulit Kepala

1. Paparan Sinar UV Matahari

Ternyata pancaran sinar matahari yang mengenai kepala dapat membuat sel kulit menjadi mati dan berubah menjadi ketombe. Mulai dari sekarang, jika anda baru keluar rumah dan kena sinar matahari hendaklah mendinginkan bagian kepala agar ketombe tidak cepat datang.

2. Stres

Mungkinkah sebelum mengalami masalah ini anda merasakan stres atau banyak pikiran ? Stres sendiri dapat memicu dampak negatif pada kesehatan tubuh kita khususnya ketombe.

3. Pola Makanan

Pola makan mampu mempengaruhi kondisi kulit kepala dan memunculkan ketombe. Untuk itu pilihlah makanan yang dapat menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa memenuhi nutrisi kulit kepala dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B dan zat besi.

4. Produk Perawatan Rambut 

Hati-hati dalam memilih atau menggunakan produk perawatan rambut, karena mungkin ada bahan yang tidak cocok untuk kulit kepala anda.

5. Keadaan Kulit

Keadaan kulit kepala dapat mempengaruhi tumbulnya ketombe lhoo. Maka dari itu cek kondisi kulit kepala anda dengan berkonsultasi kepada dokter.

6. Sisa Shampoo 

Sepertinya saat membilas anda meninggalkan sisa sampoo atau kurang bersih. Karena sisa sampoo dapat memunculkan ketombe. Oleh karena itu mulai dari sekarang biasakan untuk membilas kulit kepala secara merata dan teliti.

7. Menggunakan Sisir Sembarangan

Munculnya ketombe juga bisa disebabkan saat anda menggunakan sisir yang telah digunakan orang lain, karena pada sisir tersebut sudah ada jamur yang siap berlabuh ke rambut pemakai sisir berikutnya.

B. Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami

1. Cuka Putih

Apakah anda baru mengetahui bahwa cuka putih juga membantu untuk menghilangkan ketombe. Cuka dapat difungsikan sebagai fungisida yang sangat ampuh membasmi jamur penyebab ketombe. Cuka secara otomatis akan menghilangkan kulit kering yang akan menjadi ketombe.

Caranya : Cukup usap atau bilaskan pada rambut, diamkan selama 7-8 jam (atau bisa menggunakanya sebelum tidur malam hingga bangun pagi). Terakhir bilas dengan air bersih.

2. Baking Soda

Pastinya anda sudah mengetahui bahwa baking soda merupakan bahan yamg biasa digunakan untuk membuat kue. Tetapi disamping itu ternyata berkhasiat untuk membangun produksi kelenjar minyak yang dapat mencegah datangnya ketombe, selain itu baking soda juga dapat membersihkan sel kulit mati. Selain cuka, baking soda juga memiliki manfaat sebagi fungisida untuk membrantas jamur pada kulit kepala.

Caranya :Pertama-tama campurkan dahulu 1sdm baking soda dengan 1 cangkir air, kemudian balur atau gosokan dari rambut hingga kulit kepala. Diamkan selama beberapa menit, dan terakhir bilas dengan air bersih beserta sampoo. Lakukan secara rutin agar mendapatkan hasil maksimal.

3. Garam

Selanjutnya menggunakan garam anda bertanya kenapa menggunakan bahan ini ? Karena garam mengandung kristal yang dapat bekerja efektif sebagai exfoliator alami, yang fungsinya untuk membersihkan sel-sel kulit mati yang menyembabkan tumbuhnya ketombe. Garam sendiri bisa anda dapatkan sangat mudah atau pastinya setiap rumah memiliki bahan dapur ini.

Caranya : Siapkan terlebih dahulu garam yang masih bersih (Dianjurkan memakai garam halus), lalu basahi kepala dan rambut anda, setelah itu oleskan garam tersebut hingga kulit kepala. Tunggu hingga 7 menit (Usahakan saat menunggu sambil memijat-mijat kepala). Yang terakhir silahkan anda basuh menggunakan air bersih.

4. Lidah Buaya

Rata-rata masyarakat indonesia sudah mengetahui kegunaan dari tanaman ini untuk perawatan rambut sampai kulit kepala dan biasanya lebih populer untuk difungsikan sebagai cara memanjangkan rambut secara alami. Lidah buaya sendiri memiliki nama lain atau dari bahasa latin yaitu Aloe Vera. Kandungan yang terdapat di dalamnya mampu mencegah proses poliferasi sel-sel kulit. Maka dari itu sangat ampuh untuk menghilangkan ketombe.

Caranya : Siapkan lidah buaya, kemudian potong menjadi 2 bagian dan ambil gel atau daging didalamnya. Setelah itu bisa langsung anda oles atau gosokan ke rambut sampai kulit kepala. Tunggu sekitar 15 menit, terakhir bilas menggunakan air bersih.

5. Jeruk Nipis

Jeruk nipis memiliki khasiat yang sudah digunakan sejak zaman dahulu oleh nenek moyang kita. Selain itu buah ini sudah dijadikan bahan penelitian oleh peneliti di seluruh dunia dan hasilnya telah terbukti untuk mengatasi masalah ketombe yang menyebabkan gatal-gatal. Jeruk nipis sangat cocok digunakan untuk berbagai jenis rambut serta kulit kepala.

Caranya : Siapkan jeruk nipis yang segar dan potong menjadi 2 bagian, lalu peraslah kedalam mangkuk atau wadah lainya. Kemudian gunakan perasan tersebut untuk digosokan bagian kepala sampai menyeluruh, setelah itu tunggu sekitar 30 menit. Terakhir bilas dengan air bersih beserta dengan sampoo.

6. Minyak Almond

Anda bisa praktek menghilangkan ketombe dengan minyak almond setelah berkeramas. Untuk mendapatkan bahan cair ini anda bisa membeli di apotek atau via online.

Caranya : Sesudah keramas usahakan untuk mengeringkanya terlebih dahulu, lalu anda bisa membalurkan beberapa tetes minyak almond ke kulit kepala. Setelah itu anda bisa menutupinya dengan handuk yang masih kering atau kain bersih lainya. Diamkan sekitar 30 menit dan terakhir bersihkan menggunakan air hangat.

7. Tea Tree Oil

Mungkin saja banyak orang yang belum mengenal tea tree oil, apakah anda termasuk ?  Tea tree oil sendiri adalah suatu minyak esensial yang dihasilkan oleh tanaman khas australia yang bernama melaleuca alternifolia. Jenis minyak ini mempunyai sifat fungisida, yang dapat membantu mengatasi masalah ketombe pada rambut dan kulit kepala.

Caranya : Anda bisa mempraktekannya dengan menggunakan tea tree oil untuk berkeramas. Untuk dapat hasil secara maksimal usahakan menerapkanya secara rutin.

8. Daun Neem

Bahan alami berikutnya untuk menghilangkan ketombe yaitu menggunakan daun neem. Daun neem merupakan salah satu dari berbagai jenis daun di india yang dimanfaatkan untuk bumbu masakan.

Caranya : Siapkan beberapa lembar daun neem, kemudian seduh semalaman dengan air panas. Anda bisa menggunakan hasil seduhanya untuk berkeramas.

9. Minyak Zaitun 

Sudah tidak perlu diragukan lagi khasiat minyak zaitun untuk menjaga kesehatan tubuh kita, khususnya menghilangkan ketombe dan mengatasi rambut rontok secara alami. Anda bisa membeli cairan herbal alami minyak zaitun di toko-toko terdekat.

Caranya : Balurkan beberapa tetes minyak zaitun pada kulit kepala secukupnya. Kemudian diamkan sekitar 30 menit (sambil menunggu anda bisa memijat kepala agar lebih fres). Terakhir anda bisa berkeramas dengan shampoo.

10. Mengkosumsi Makanan Bergizi (Dari dalam)

Cara yang terakhir anda bisa melakukanya dari dalam dengan memakan makanan yang bergizi. Manfaatnya untuk memberikan nutrisi bagi tubuh anda terutama kulit kepala dan rambut agar tetap sehat. Hindarilah mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak dan berbahaya bagi tubuh.

Contoh makanan bergizi : Sayuran, buah-buahan, dan minyak ikan.


Semoga artikel tentang cara menghilangkan ketombe secara alami yang kami berikan dapat memberikan manfaat. Dan sekarang saatnya anda memilih salah satu dari tips diatas yang akan dipraktekan.  


Subscribe to receive free email updates: