18 Cara Terbaik Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami dan Cepat

Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami - Admin rasa semua orang pastinya tidak mau jika saat bersuara mengeluarkan aroma yang tidak sedap, karena dapat mengganggu aktivitas, membuat kepercayaan diri menjadi hilang, dan yang lebih parahnya akan mengganggu kenyamanan lawan yang sedang kita ajak bicara, lalu imbasnya anda akan kena malu. Selain bau mulut, seseorang biasanya mencari cara menghilangkan bau ketiak secara alami.

Menurut dokter gigi, john woodall, dan DDS "Bau mulut dapat merusak hubungan terhadap orang lain". Bau mulut biasa disebabkan oleh penumpukan bakteri pada mulut yang menyebabkan peradangan dan mengeluarkan aroma tak sedap atau gas seperti belerang.

Bau mulut merupakan gangguan kesehatan yang penyebabnya sulit diketahui oleh orang yang mengalaminya. Jika anda biasa mengetes bau mulut dengan meniup nafas ke tangan dan mencium untuk mengetahuinya, maka sebenarnya cara ini bisa dibilang tidak ampuh. Menurut para ahli, untuk mengetahui aroma yang keluar dari mulut sedap atau tidaknya yaitu dengan menempelkan jari tangan kita ke lidah, sehingga mengenai air liur, lalu cium jari yang anda tempelkan tadi. Nah air liur inilah yang menjadikan sebuah patokan, apakah anda mengalami masalah kesehatan bau mulut atau tidak. Langsung saja kami berikan tips cara menghilangkan bau mulut secara alami di bawah ini.


18 Cara Terbaik Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami dan Cepat
Cara Menghilangkan Bau Mulut


Cara Menghilangkan Bau Mulut

1. Konsumsi Kopi Hitam

Mengkonsumsi kopi hitam yang masih baru ditumbuk dipercaya mampu menghilangkan bau mulut. Cara tradisonal ini terbilang praktis, ampuh, dan murah untuk menghilangkan bau tak sedap.

Caranya : Siapkan kopi hitam yang masih segar, anda bisa memakanya secara langsung atau bisa diseduh. Memang rasanya pahit, tapi mau gimana lagi jika tips ini mampu mengatasi bau mulut yang sedang dialami.

2. Rajin Menyikat Gigi

Menggosok gigi adalah cara yang paling umum untuk menghilangkan bau mulut. Menyikat gigi dapat membasmi plak, bakteri, dan menyingkirkan sisa makanan terjebak pada sela-sela gigi yang menyebabkan munculnya aroma tak harum. Usahakan untuk menggosok gigi 3 kali dalam sehari ; pagi, sore, dan malam sebelum tidur. Saat menyikat gigi jangan terlalu kasar atau keras, karena dapat menyebabkan hancurnya enamel yang mampu membuat gigi anda mengalami risiko kerusakan.

3. Berkumur

Bukan hanya menyegarkan nafas anda, berkumur juga dapat membantu perllindungan yang lebih ekstra dan membasmi bakteri. Anda bisa berkumur dengan air rebusan daun sirih, air garam, dan obat kumur seperti mouthwash. Kebanyakan orang menggunakan yang rasanya mint, karena dapat membuat muluh lebih segar dan fresh. Namun, perlu dipastikan bahwa obat kumur yang anda gunakan bisa membunuh bakteri atau kuman yang menyebabkan bau tak sedap. Lakukan melakukan kumur secara rutin agar dapat hasil maksimal.

4. Berhenti Merokok

Merokok identik dengan penyakit kanker, namun selain dapat memicu risiko penyakit berbahaya tersebut, merokok dapat merusak gusi, memberikan noda pada gigi, dan merusak pernafasan, terutama memunculkan bau mulut. Jika anda termasuk sebagian orang yang suka merokok, maka coba kurangi sedikit demi sedikit, karena biasanya jika menghilangkan kebiasaan tersebut sangat sulit.

5. Memakan Beras

Makan beras (Mentah / belum dijadikan nasi) merupakan cara alternatif atau tradisional yang dari dulu sudah dipercaya dan dipraktekan untuk menghilangkan bau mulut. Anda bisa mengamatinya pada orang tua, saat selesai makan jengkol atau pete langsung memakan beras mentah.

6. Mengunyah Permen Karet

Kenapa harus mengunyah permen karet ?  Karena saat anda mengunyah permen karet maka secara otomatis akan menghasilkan air liur secara terus-menerus. Nah, air liur inilah yang menyebabkan bakteri penyebab bau mulut mati. Selain itu permen karet juga berfungsi untuk menguatkan dan memutihkan gigi.

7. Mengkonsumsi Susu Kental Manis

Jika anda merupakan orang yang tidak suka mengkonsumsi susu maka termasuk orang yang rugi, karena susu memiliki sumber kalsium yang mempunyai berbagai khasiat untuk kesehatan tubuh. Tetapi, selain kalsiumnya yang tinggi juga bisa dimanfaatkan untuk mengusir bau mulut. Caranya cukup dengan mencampurkan susu kental manis dengan air hangat, lalu bisa anda minum. Usahakan untuk mengkonsumsinya seitap hari.

8. Jangan Melupakan Sarapan Pagi

Biasanya orang yang sibuk atau cepat-cepat berangkat melakukan sebuah aktivitasnya lupa sarapan pagi. Hal inilah yang perlu anda hindari, setidaknya makan pagi dulu walaupun cuma sedikit, karena dengan sarapan pagi mampu memproduksi air liur yang tinggi. Nah, air liur tersebut akan membantu membasmi bakteri yang terdapat pada mulut, dan bau mulut pun hilang.

9. Konsumsi Buah-Buahan

Buah sangat penting untuk dikonsumsi karena menyuplai berbagai nutrisi untuk kesehatan tubuh. Buah-buahan bisa dijadikan cara yang efektif untuk mengatasi bau mulut yang sedang anda alami. Oleh karena itu mulai dari sekarang biasakan untuk memakan buah-buahan agar selain menghilangkan bau mulut juga dapat membantu menjaga kesehatan tubuh anda.

Contoh Buah : Apel, Strawberry, jeruk, per, lemon, jambu biji, dan buah lain-lain yang mengandung banyak air.

10. Mengkonsumsi Teh Hijau

Rata-rata orang indonesia belum begitu kenal dengan teh hijau. Jika anda tidak suka meminum kopi hitam, maka teh hijau bisa dijadikan alternatif untuk menghilangkan bau mulut yang sedang anda rasakan. Mengapa teh hijau koq ampuh ? Karena didalmnya mengandung antioksidan dan senyawa aktir yang mempunyai nama catechin yang mampu membunuh bakteri dan menghilangkan plak yang menempel pada gigi.

Caranya : Seduh terlebih dahulu teh hijau, setelah itu anda bisa langsung meminumnya. Minumalah 2-3 kali dalam sehari.

11. Jangan sering mengkonsumsi makanan berbau tak sedap

Anda merupakan seseorang yang hobi makan jengkol atau pete ? Nah makanan inilah yang menyebabkan aroma tak sedap keluar dari mulut anda. Maka dari itu mulai dari sekarang kurangilah memakan makanan berbau tak sedap tersebut.


12. Mengkonsumsi Yoghurt

Yoghurt dipercaya dapat menghilangkan bau mulut, karena mengandung zat probiotik yang dapat mengembangkan kuman yang baik bagi pencernaan. Kuman yang dimaksud ialah streptococcus thermophilus dan lactobacillus bulgaricus. Selain bermanfaat untuk pencernaan, tetapi juga bisa mencegah bau mulut yang ditimbulkan dari bakteri atau kuman pada mulut.

13. Tips Lainya

  • Konsumsi vitamin C. Karena vitamin C dapat mencegah pertumbuhan bakteri yang menyebabkan bau mulut.
  • Rutin minum air putih. Meminum air putih dapat menambah cairan agar terhindar dari dehidrasi, nah jika anda mendapat asupan cairan pada tubuh otomatis produksi air liur akan bertambah dan dapat mencegah bakteri penyebab bau mulut berkembang.
  • Hindari alkohol. Karena dapat memicu terjadinya periodontitis yang dapat mengganggu kebersihan mulut.
  • Konsumsi keju. Karena keju dapat menyerang bakteri jahat di dalam mulut kita. 
  • Mengurangi makanan yang mengandung gula. Karena selain menyebabkan gigi berlubang, gula juga dapat memproduksi bakteri ke mulut.
  • Mengkonsumsi makanan yang mengandung klorofil. Karena klorofil atau zat hijau daun sudah dipastikan mampu menghasilkan nafas segar dan membuat mulut menjadi lebih bersih.



Semoga artikel tentang cara menghilangkan bau mulut secara alami yang kami sampaikan bermanfaat dan sekarang giliran anda memilih cara mana yang akan diterapkan untuk mengatasi bau mulut yang sedang dialami.

adsense

iniblogsehat