Cara Ampuh Mengatasi Keputihan Secara Alami dan Cepat

Cara Mengatasi Keputihan Secara Alami ~ Keputihan adalah sebuah cairan yang keluar melalui alat vital wanita dan disebabkan infeksi seperti bakteri, virus, dan jamur. Sebenarnya keputihan bukan merupakan sebuah penyakit, namun ini menandakan adanya masalah yang dapat mengganggu miss V,

Keputihan sendiri memiliki 2 kategori, yaitu normal dan abnormal. Normal tidak menimbulkan gejala seperti gatal-gatal, tak berbau, dan sakit, serta bewarna putih atau bening. Abnormal dapat menimbulkan kegatalan, bau tak sedap, merasa terbakar pada daerah sekitar vagina, dan mengeluarkan cairan yang berlebihan, kental serta bewarna hijau kekuningan. Berikut beberapa cara mengatasi keputihan secara alami.

Cara Ampuh Mengatasi Keputihan Secara Alami dan Cepat
Keputihan

Cara Mengatasi Keputihan Secara Alami

1. Daun Sirih

Tanaman ini merupakan obat tradisional alami yang mampu mengobati keputihan kategori abnormal. Daun sirih bewarna kemerahan mampu mengatasi keputihan dan dapat menjaga organ wanita, karena bersifat antiseptik.

Cara penggunaanya : Siapkan 7-10 lembar daun sirih bewarna merah dan masih segar, kemudian rebuslah hingga mendidih. Tunggu sampai air yang baru direbus benar-benar hangat, lalu basuhkan air rebusan tersebut ke bagian organ vital kewanitaan. 

2. Kunyit

Selanjutnya cara alami yang bisa digunakan untuk mengatasi keputihan dengan menggunakan kunyit. Kandungan zat antibiotik yang terdapat di dalamnya mampu membasmi jenis bakteri yang dapat memicu terjadinya keputihan tidak normal.

Cara menggunakanya cukup mudah, anda hanya dianjurkan untuk meminum air hasil perasan dari kunyit. Lakukan meminum air kunyit tersebut secara rutin 2x dalam sehari. Atau bisa juga dengan cara di rebus hingga matang dan diminum airnya.

3. Bawang Putih

Dalam sebuah penelitian dari Washington State University, menemukan kandungan zat yang terdapat di dalam bawang putih memiliki khasiat lebih besar dibanding antibiotik untuk mengatasi penyakit yang ditimbulkan dari bakteri seperti keputihan abnormal. 

Ada 2 cara untuk menggunakanya :
  • Dapat dikonsumsi atau dimakan secara langsung,
  • Atau bisa memotong bawang putih menjadi 2 bagian tipis, lalu tempelkan pada bagian vagina dari malam hingga pagi.

 4. Biji Ketumbar

Perlu diketahui bahwa biji ketumbar mampu mengatasi keputihan secara alami. Caranya rendam biji ketumbar di dalam air waktu malam. Pada pagi harinya, minumlah air hasil rendaman tersebut. Lakukan secara rutin setiap hari agar mendapat hasil yang maksimal.

5. Akar Bayam 

Akar bayam mengandung sifat anti bakteri yang cukup ampuh untuk membasmi penyakit bakteri seperti keputihan.

Caranya :
  • Dapat di blender sehingga menjadi jus, setelah itu diminum, lakukan secara rutin 2x dalam sehari,
  • Atau dapat merebus akar bayam, setelah itu air hasil rebusannya diminum, minumlah setiap hari agar dengan cepat mengatasi keputihan.

6. Lidah Buaya

Tumbuhan yang satu ini biasa dikenal dan digunakan untuk merawat rambut. Kandungan antiseptik di dalamnya mampu mengatasi masalah bakteri, jamur, dan virus yang menjadi sebab munculnya keputihan abnormal.

Caranya : Siapkan lidah buaya, potong menjadi 2 bagi dan ambil daging atau gel di dalamnya. Rebus beserta 1 liter air dan 6 lembar daun sambiloto hingga mendidih, setelah itu tunggu sampai hangat dan basuhkan ke bagian vagina. Lakukan dengan ruti 2x dalam sehari.

7. Akar Mawar

Dibalik keindahan dan keharumannya pada bagian bunganya, ternyata akar mawar dapat mengatasi gangguan keputihan tidak normal yang dialami wanita.

Tips penggunaan : Cuci terlebih dahulu akar mawar hingga bersih, kemudian rebuslah dengan air putih sekitar 1 liter hingga mendidih. Terakhir minumlah air rebusan akar mawar tersebut.

8. Biji Mangga

Jika anda termasuk orang yang suka mengkonsumsi mangga dan sedan mengalami gangguan keputihan, maka biji mangga yang sudah tidak terpakai jangan dibuang, ternyata mempunyai khasiat lain yang bisa mengatasi keputihan.

Tips penggunaanya : Keringkan terlebih dahulu biji mangga yang sudah tak terpakai, kemudian haluskan biji tersebut sampai benar-benar lembut. Setelah itu campurkan biji mangga yang sudah halus dengan air putih. Oleskan kedua campuran tersebut ke bagian vagina.

Tips mencegah keputihan abnormal agar tidak datang kembali

Setelah anda terbebas dari masalah keputihan yang tidak normal, sebaiknya perhatikan tips-tips yang akan disampaikan dibawah ini, agar tidak muncul kembali.
  • Gunakan pembalut yang benar dan aman, dan sebaiknya gantilah pembalut lama dengan yang baru setiap 4-5 jam sekali.
  • Menghindari stres, karena stres dapat memicu terjadinya keputihan.
  • Mengkonsumsi makanan yang sehat buah-buahan dan sayuran, seperti buah semangka, buah alpukat.
  • Hindari meminjamkan atau meminjam handuk yang akan digunakan.
  • Usahakan membersihkan daerah kewanitaan menggunakan pembersih yang tidak merusak pH, atau tidak menggunakan sabun mandi secara terus-menerus. 


Nah ini saja beberapa cara mengatasi keputihan secara alami yang coba kami berikan. Semoga bermanfaat dan dapat menghilangkan keputihan yang sedang dialami dengan cepat. Terima kasih telah membaca hingga akhir kalimat.


Subscribe to receive free email updates: