16 Manfaat Buah Markisa Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Buah Markisa Untuk Kesehatan dan Kecantikan ~ Markisa termasuk buah yang unik dan menarik, karena tumbuh dari tanaman yang menjalar atau merambat. Markisa juga termasuk buah yang dipercaya seluruh dunia dan sejak ribuan tahun lalu. Khasiat dan kesegaran buah ini bisa dilihat dari banyaknya produsen minuman seperti sirup yang memanfaatkan markisa sebagai bahan utamanya.

Markisa sendiri memiliki kandungan nutrisi yang cukup banyak, yaitu vitamin A, vitamin C, antioksidan, flavanoid, niasin, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, serat, dan protein. Jika anda termasuk seseorang yang sedang menjalankan program diet, maka markisa bisa dijadikan sebagai pilihan untuk dikonsumsi. Ada 500 variasi penampakan dan warna pada buah ini, semuanya memiliki biji yang berlimpah. langsung saja bacalah manfaat buah markisa untuk kesehatan dan kecantikan dibawah ini.

16 Manfaat Buah Markisa Untuk Kesehatan dan Kecantikan
Buah Markisa

A. Manfaat Buah Markisa Untuk Kesehatan

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Markisa sejak zaman dahulu sudah dipercaya oleh masyarakat seluruh dunia. Banyak orang yang tidak mengetahui bahwa kandungan vitamin C, karoten, dan cryptoxanthin di dalam buah inilah yang dapat meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh, sehingga mampu melindungi anda dari radikal bebas dan berbagai penyakit umum maupun serius.

2.  Mencegah Kanker

Ekstrak yang terdapat dalam buah markisa sudah terbukti cukup ampuh dalam mematikan sel-sel kanker dan mencegah penyakit kanker secara alami. Buah ini bisa dibilang sumber yang kuat dari aktifitas anti-karsinogenik di dalam tubuh. Kamdungan karotenoid, polifenol, flavonoid, vitamin A, dan senyawa fenolik dapat membantu anda mengurangi risiko terserang penyakit kanker, terutama kanker paru-paru dan mulut.

3. Kesehatan Pencernaan 

Markisa mempunyai kandungan serat yang tinggi dan baik untuk kesehatan pada pencernaan, melindungi saluran pencernaan, dan membersihkan usus besar. Satu buah markisa mampu menyediakan 98% kebutuhan harian bagi tubuh. Serat sendiri merupakan sebuah komponen penting, karena zat ini dapat mengontrol pencernaan yang sehat dari sebuah makanan dan waktu buang air besar.

Markisa adalah sumber larut yang baik di pulp maupun kulit, dan bereaksi sebagai pencahar massal, selain itu juga membawa makanan bergerak melalui sistem pencernaan. Proses ini dapat mengurangi sembelit dan mengatur buang air besar.

4. Mengontrol Tekanan Darah

Mengkonsumsi 1 porsi buah markisa setiap harinya, maka sama saja anda memenuhi 1/4 kebutuhan kalium yang diperlukan oleh tubuh. Kalium sendiri merupakan mineral penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, salah satu kegunaanya untuk melebarkan pembuluh darah. zat ini dapat mengontrol ketegangan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah.

5. Mengobati Asma

Markisa termasuk buah yang bergizi dan baik untuk kesehatan, salah satunya dapat mengobati penyakit asma. Kandungan histamin inilah yang dapat mengurangi gejala asma.

6. Menngatasi Insomnia atau Susah Tidur

Markisa mempunyai kandungan senyawa yang bernama alkaloid, berfungsi sebagai obat penentram. Senyawa ini dapat menghilangkan kebiasaan insomnia, meningkatkan kualitas tidur anda menjadi damai dan nyenyak, mengurangi kegelisahan.

7. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Pernahkah anda mendengar, di dalam buah markisa memiliki keunikan kombinasi sifat vasodilatasi kalium + besi + tembaga, kandungan tersebut akan menjadi dampak yang sangat baik bagi kesehatan. Besi dan tembaga merupakan sebuah komponen yang berguna dari produksi sel darah merah, sehingga dapat memperlebar pembuluh darah.

Darah kemudian menjadi sehat, dan oksigen dapat masuk secara bebas ke daerah yang dibutuhkan oleh tubuh, selain itu dapat merangsang aktifitas metabolisme ke bagian sistem oragan pada tubuh. Perlu diketahui, bahwa darah yang mengalir dengan sehat mampu meningkatkan fungsi" tubuh.

8. Menjaga Kesehatan Jantung

Ternyata markisa dapat membantu menjaga kesehatan jantung kita lho, apakah anda baru tahu ? Jawabanya ada pada kandungan fenolik dan flovonoid yang terdapat di dalamnya. Selain itu biji yang terdapat di dalam buah ini mengandung polifenol yang bisa mempromosikan vasorelaxation, dapat memperluas pembuluh darah relaksasi sel otot polos dalam dinding pembuluh darah.

Pelebaran dari pembuluh darah dapat mengurangi tingkat stres pembuluh darah, sehingga dapat menjaga jantung tetap sehat.

9. Menurunkan Berat Badan

Anda ingin mempunyai target untuk badan yang ideal serta sedang menjalankan program diet dan bingung mau makan apa, tenang saja markisa dapat membantu proses diet. Markisa termasuk buah yang mengandung kalori, sodium, dan lemak tingkatatan rendah. Dalam 1 porsi buah markisa hanya menyuguhkan 97 kalori. Selain itu juga mempunyai kandungan karbohidrat dan gula alami yang tinggi. Nutrisi ini juga efektif mengurangi kadar kolestrol pada tubuh.

Kandungan serat di buah ini juga terbilang tinggi, sehingga dapat mengurangi kebiasaan anda memakan makanan yang lain. Hal tersebut secara logis dapat menurunkan berat badan dan memelihara berat badan yang ideal.

10. Kesehatan Mata

Buah ini mampu menjaga kesehatan mata secara alami, karena memiliki kandungan vitamin A. Dapat melindungi dari penyakit seperti katarak, mata minus, kebutaan, dan degenerasi makula.

11. Terhindar Dari Penyakit Anemia

Umumnya sebagian orang sudah mengetahui penyebab dari anemia. Anemia sendiri muncul karena kurangnya konsentrasi sel darah merah atau hemoglobin. Sumber zat besi didalamnya dapat membantu pembangunan sel darah merah pada tubuh.


B. Manfaat Buah Markisa Untuk Kecantikan

1. Melembabkan Kulit

Ekstrak minyak yang dihasilkan oleh buah markisa mampu melembabkan kulit dan cocok untuk berbagai jenis kulit, serta sangat cepat diserap oleh kulit. Walaupun yang digunakan menggunakan ekstrak minyaknya, tetapi tidak menyebabkan kulit menjadi berminyak dan menimbulkan jerawat lho.

2. Menghindarkan Penuaan Dini

Kebanyakan Seseorang wanita tidak mau jika kulitnya kendur dan keriput sejak usia yang masih dini. Nah markisa tepat untuk membantu anda mengatasinya, karena memiiki kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi, sumber ini memiliki khasiat untuk memperlambat proses kerusakan yang ditimbulkan oleh radikal bebas dan dapat menyebabkan penuaan pada kulit.

3. Mengatasi Iritasi Kulit

markisa mempunya sifat anti-inflamasi yang dapat mengatasi iritasi dan pembengkakan pada kulit.

4. Meremajakan Kulit

Salah satu dari manfaat buah markisa adalah untuk meremajakan kulit. Buah ini mempunyai sumber vitamin A dalam bentuk karotenoid, yang sangat berpengaruh bagi pertumbuhan dan perbaikan sel kulit yang sudah memunculkan garis-garis halus maupun kerutan.

5. Melawan Rambut Rontok

Rambut rontok dapat menjadikat sebuah ancaman bagi setiap wanita maupun pria, karena dapat mengganggu penampilan gaya rambut yang sudah diterapkan. Markisa mempunyai sumber vitamin C yang cukupt tinggi dan merupakan antioksdan yang kuat. Vitamin ini termasuk dalam pembuatan kolagen, fungsinya mengatasi rambut rontok secara alami.



Nah itu saja artikel tentang manfaat buah markisa untuk kesehatan dan kecantikan. Buah markisa sendiri mudah untuk ditemukan, bisa beli di pasar, supermarket, atau dapat menanam tumbuhannya sendiri di pekarangan rumah. Sekarang keputusan untuk mengkonsumsinya atau tidak ada pada diri anda sendiri.

Terima kasih telah membaca sampai akhir kalimat dan semoga artikel yang dapat kami berikan dapat bermanfaat bagi para pembaca.

 
adsense

iniblogsehat