Hal-Hal Yang Akan Terjadi Bila Anda Bekerja Seharian

Hal-Hal Yang Akan Terjadi Bila Anda Bekerja Seharian - Memang betul bekerja adalah kewajiban mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan pada hidup kita. Waktu kerja yang baik untuk menjadi patokan adalah pagi hari sampai sore hari, sore hari ke malam hari atau makimal 8 jam dalam sehari.

Bekerja sangat baik untuk kesehatan apabila di imbangi dengan istirahat, untuk menjaga kesehatan kita dan membuat kebugaran tubuh menjadi fit kembali. Dan kerja yang berlebihan melebihi batas waktu dapat menimbulkan penyakit. Jika anda bandingkan dengan robot, manusia berbanding terbalik. Karena manusia juga perlu beristirahat yang cukup. Karena manusia bukan seperti robot atau mesin yang dapat bekerja sehari full atau berhari-hari tanpa istirahat.

Namun karena semangat-nya bekerja, sampai sering lembur bekerja. Lembur boleh saja asal jangan dibiasakan. Mungkin lembur saja bila ada pekerjaan yang harus selesai secepatnya atau penting sekali. Bila anda termasuk orang yang sering kerja lembur, harus siap menerima dampak negatif-nya.

Hal-Hal Yang Akan Terjadi Bila Anda Bekerja Seharian
Hal-Hal Yang Akan Terjadi Bila Anda Bekerja Seharian

  Hal-Hal Yang Akan Terjadi Bila Anda Bekerja Seharian :

 1. Timbul Depresi 

Salah satu faktor timbulnya depresi adalah bekerja seharian. mungkin saja dampaknya tidak langsung, tetapi lama kemudian akan terasa. 

=> Menurut penelitian Plos ONE, bekerja selama 11 jam seharian tanpa memikirkan kesehatan menjadikan faktor tingkat depresi yang tinggi. Maka dari itu biasakan kerja dengan waktu yang normal (waktu yang normal 8 jam sehari).

2. Memicu faktor Gangguan Pada Otak

Perlu anda ketahui, bekerja lembur seharian yang dilakukan secara terus-menerus akan menjadikan otak beresiko menurunkan keahlian daya intelektual yang anda miliki. 

3. Minimnya Waktu Untuk Tidur

Betul sekali, bekerja seharian atau lembur dapat menjadikan waktu tidur anda menjadi hilang, yang sebetulnya tidur atau istirahat yang cukup sangat dianjurkan dalam dunia kesehatan. Pasti sebagian orang merasa tidak rela jika waktu itu digunakan untuk tidur. Dan terus berkeinginan menjalankan lembur atau bekerja seharian agar pekerjaanya cepat selesai.

=> Waktu tidur yang baik untuk kesehatan sekitar 7-8 jam sehari.

4. Berdampak Buruk Pada Kesehatan Jantung

Efek yang sangat besar pada kebiasaan kerja seharian dapat menimbulkan penyakit jantung atau serangan jantung. 

Penelitian :

=> Menurut penelitian dari Studi Whitehall II yang sudah berjalan lama "Peningkatan mencapai angka 60%  yang berhubungan dengan jantung, seperti serangan jantung non-fatal dan angina pada orang yang bekerja yang bekerja selama lebih dari batas normal jam bekerja (7-8 jam)".

=> Menurut penelitian University College London dan Finlandia "Lembur 3 jam atau lebih dapat memicu peningkatan 60%  resiko penyakit jantung koroner".

5. Menjadi Pecandu Nikotin dan Kafein

Menurut orang yang bekerja seharian atau lembur, yang paling cocok untuk dijadikan teman lembur ialah kopi atau rokok. Padahal sangat membahayakan bagi kesehatan tubuh. Tidak hanya kopi, kafein juga terdapat pada cemilan seperti coklat. Paling parah lagi sudah lembur di tambah merokok, yang kandungan nikotin di dalam rokok dapat merusak tubuh. 

6. Mata Menjadi Tegang Terus-Menerus

Bila anda termasuk pekerja kantoran atau lebih condong menggunakan tehnologi laptop atau komputer sebagai sarana pekerjaan, maka perlu diperhatikan juga. Karena dapat mengganggu kesehatan pada mata. Tidak terdapat pada pekerjaan menggunakan tehnologi saja, orang yang bekerja sebagai supir juga harus hati-hati karena dapat membahayakan jika mata terlalu tegang terus-menerus.

6. Meimbulkan Gangguan Pada Pencernaan

Yang terakhir bekerja seharian dapat menjadikan pola makan tidak teratur. penyakit seperti diare, sakit perut, serta mual akan menyerang anda. 

=> Sebaiknya diimbangi dengan sering minum air putih ( Normalnya 8 gelas per hari ).


Mungkin itu saja informasi yang dapat saya sampaikan. Semoga dapat bermanfaat.
THANKS.
adsense

iniblogsehat